Minggu, 10 April 2016

SONGDO CENTRAL PARK (penataan kawasan/zona)


Songdo Central Park adalah taman umum di distrik Songdo Incheon, Korea Selatan. Taman ini  adalah pusat dari rencana ruang hijau Songdo IBD, terinspirasi oleh NYC Central Park. Luas taman meliputi 41 hektar atau mencakup hampir 10 % dari total luas Songdo IBD. Topografi relatif datar hasil dari tanah reklamasi,  terlihat pemandangan persimpangan laut dengan visual yang memikat.
Songdo Central Park sendiri dibagi menjadi 4 zona yang memiliki gaya, fungsi, isi dan bentuk berbeda, Lebih jelasnya sebagai berikut:

 
a)    Mountain Strolling Garden
Zona ini memiliki berbagai macam item lansekap, kebanyakan menggunakan bahan-bahan alami pada eksekusinya. Contonya area stone passage, merupakan area masuk ke taman dengan disuguhkan kumpulan batu yang disusun bertumpuk. Area lain di zona ini ialah promenade, mountain cascade, anapji & songnimwon.

b)   Terrace Garden
Zona yang memiliki permukaannya banyak perkerasan yang fungsi utamanya sebagai plaza. Di zona ini juga memiliki beberapa area khusus yaitu, madang forecourt, stepped garden, ecotarum & boat house.



c)    Long Meadow
Zona yang diprioritaskan untuk anak-anak bermain, di sini terdapat area chidren water play atau area bermain air anak dan great lawn atau area hamparan rumput yang bias digunakan untuk tempat belajar outdoor anak.



d)   Sculpture Garden
Terdapat banyak patung di area ini, dan juga stone passage di sekitar promenade.




e)   Formal Garden
                Berada di paling dekat dengan laut. Bentukan lebih mengarah ke geometris dan area ini terdapat promenade, coral garden dan fresh water.





 
f)     Canal
Zona yang berada di tengah-tengah taman membelah menjadikan taman terbelah. Canal ini berfungsi untuk menampung air hujan sekaligus untuk wisata air, yang mana disediakan penywaan boat dan canau untuk para traveler.


NAMA                  : TRYAS KARTIKO
KELAS                 : 3TB02
NPM                    : 29313007
MATKUL              : Sudy Ekskursi
TUGAS                : TUGAS KE 1
SUMBER             : https://www.youtube.com/watch?v=vR5TG1tXIpE



0 komentar:

Posting Komentar

© ArtisticTect 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis